Makassar – Tim Monitoring Evaluasi Eksternal Program PPM dana DRPM Kemenristek Dikti tahun 2019 yang diwakili oleh Bapak Ismael Marasabessi bersama Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Makassar Prof. Dr. Ir. Bakhrani A. Rauf, M.T. melakukan kunjungan lapangan ke beberapa lokasi mitra pengabdian masyarakat. Salah satu yg mendapat kunjungan adalah PKM Kebun Lorong Kota Kelurahan Ujung Pandang Baru Kecamatan Tallo Kota Makassar, Rabu (23/10/2019).

Pada acara kunjungan tersebut, Tim Monev disambut dengan meriah oleh warga masyarakat lorong yang bermukim di RT 03/RW 01, aparat kelurahan Ujung Pandang Baru, disertai pengalungan sarung/bunga oleh lurah Ujung Pandang Baru sebagai bentuk ucapan selamat datang.

Selanjutnya Bapak Ismael Marasabessi di dampingi oleh ketua PKM Dr. Ir. Hj. Marhawati, M. Si dan anggota Dr. Agus Syam, S. Pd, M.Si, langsung meninjau dan melihat tanaman hidroponok berupa sayuran yang berjejer rapi di pinggir lorong. Setelah itu beliau melakukan dialog dengan mitra serta warga masyarakat dengan keberadaan kegiatan PKM ini.  Dari dialog tersebut Beliau mengungkapkan agar kedepannya kebun lorong ini bisa menjadi inspirasi bagi warga masyarakat dari Kelurahan yang lain.

Ketua Tim Pengabdi Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Dr. Ir. Hj. Marhawati, M.Si mengatakan, kunjungan tersebut adalah bentuk tindak lanjut dari presentasi hasil pelaksanaan kegiatan PKM yang telah dilakukan sebelumnya di kampus UNM.

Selain itu, kunjungan kali ini merupakan sebuah keistimewaan bagi warga sekitar karena warga masyarakat lorong merasa sangat terbantu dengan adanya sayuran hidroponik yang telah di panen, harapan mereka kegiatan seperti ini dapat berlanjut karena sudah merasakan manfaatnya.

Selanjutnya, Lurah Ujung Pandang Baru, A. Panguriseng, SE, mengungkapkan bahwa antusiasme masyarakat dalam menjalankan program ini sangat tinggi. Kami berharap program-program seperti ini terus berlanjut sehingga kreativitas masyarat yang tinggal di lorong terus berkembang dan pengetahuan mereka bisa terus bertambah terutama dalam memberikan kemudahan di kehidupan sehari -hari.

Sementara itu, Ketua LP2M UNM, Prof. Dr. Ir. Bakhrani A. Rauf, M. T, di akhir acara sebelum pamit mengungkapkan bahwa, melihat ke kompakan dan antusiasme masyarakat warga lorong, berpesan akan memberikan PKM dengan memanfaatkan sampah berupa limbah kertas dan plastik menjadi produk yang bernilai ekonomi. Warga Menyambut dengan rasa suka cita dan berharap semoga bisa terwujud.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *