Makassar – Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar mengadakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Kelurahan Ujung Pandang Baru Kecamatan Tallo Kota Makassar, Jumat (13/09/19).

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) tersebut mengusung tema “Kebun Lorong Kota”. Kegiatan tersebut dihadiri oleh warga RT 03/RW 01 yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Selain warga, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Lurah Ujung Pandang Baru, Ketua RT 03/RW 01 dan Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Ujung Pandang baru.

Ketua Tim Pengabdi Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Dr. Ir. Hj. Marhawati, M.SI mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan warga lorong dalam hal budidaya sistem hidroponik dan pembuatan pupuk organik cair kompos Takakura. Selain itu, kegiatan PKM ini juga bertujuan untuk menjadikan lorong kota sebagai lorong produktif dan estetik (model).

Selanjutnya Anggota Tim Pengabdi, Dr. Agus Syam S.Pd., M.Si mengatakan program kebun lorong kota ini merupakan
salah satu Program tanam sayuran dimana berdampingan dengan tanaman hias di masing lorong sasaran. Sehingga program ini dimasukkan agar lorong juga berfungsi sebagai sarana edukatif dalam berkebun yang dapat memberikan kontribusi ekonomi dan bernilai estetika untuk masyarakat. Selain itu, pembuatan pupuk organik cair atau kompos Takakura yang berasal dari limbah organik rumah tangga, dimaksudkan untuk mendukung pertumbuhan tanaman dan meniadakan ketergantungan pupuk yg membutuhkan biaya.

Sementara itu, Lurah Ujung Pandang Baru, Andi Panguriseng mengatakan, warga menyambut baik kegiatan pengabdian ini dan berharap berjalan secara berkesinambungan sehingga warga dapat merasakan manfaatnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *