Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali memberangkatkan sejumlah mahasiswa untuk melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Salah satu diantaranya yakni Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) dengan judul kegiatan yakni “Pengembangan Pertanian Organik Untuk Masyarakat Marginal Di Kelurahan Lautang Benteng Kabupaten Sidenreng Rappang”. Acara penyambutan berlangsung di Pendopo Aula SKPD Kantor Bupati Sidrap, Kamis 11 Juli 2019 kemarin.

Selama 45 hari mahasiswa KKN UNM tersebut akan mengabdi dan menyalurkan sejumlah kompetensi yang dimiliki dengan program kerja utama yakni Pengembangan Pertanian Organik Untuk Masyarakat Marginal Di Kelurahan Lautang Benteng Kabupaten Sidenreng Rappang.

Sekretaris Daerah Sidrap, Drs. Sudirman Bungi M.Si saat menyambut para mahasiswa memuji keberhasilan pihak UNM yang sudah beberapa kali mengirimkan mahasiswanya membantu masyarakat kabupaten Sidrap dalam berbagai hal.

Ia mencontohkan termasuk untuk mengembangkan produk – produk baru yang dimanfaatkan dari sumberdaya alam yang tersedia di daerah ini. Sudirman berharap bahwa masyarakat sidrap sangat terbuka kepada siapa saja yang ingin memberikan sumbangsih dan memberikan yang terbaik di daerah yang dikenal dengan Bumi Nenek Mallomo ini.

“Saya mengapresiasi kegiatan KKN PPM ini. Mudah-mudahan kalian semua bisa bersumbangsih dengan maksimal di tanah Sidrap,” katanya.

Selain itu, Sudirman juga berharap bahwa selain melaksanakan berbagai program yang telah direncanakan, mahasiswa KKN PPM juga diharapkan dapat membantu dan menjadi mitra pemerintah dalam mengedukasi masyarakat.

“saya berharap mahasiswa KKN PPM nantinya bisa membantu pemerintah dalam mengampanyekan berbagai hal diantaranya, bahaya merokok, pernikahan dini, putus sekolah, perlunya gisi seimbang bagi anak-anak serta pola hidup yang sehat,” tambahnya.

Sebelumnya kesiapan 32 mahasiswa UNM ini dibuktikan dengan berbagai kegiatan persiapan sebelum pemberangkatan dan pembekalan yang dilaksanakan di Ruang ICT Lt. 2 FE UNM, senin, 1/7/2019 lalu.

Selain Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Sidrap, kegiatan penyambutan ini juga dihadiri Kepala Bagian Kerjasama Setkab Sidrap, para Camat dalam lingkup Kabuatan Sidrap, Lurah Lautang Benteng, Dosen Pembimbing, serta Pegawai Setkab Sidrap.

Dr. Agus Syam, S.Pd., M.Si, selaku Pembimbing KKN-PPM Kabupaten Sidrap ini mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan pemberdayaan dan pembelajaran bagi mahasiswa ini, juga diharapkan kepada mahasiswa agar mampu dan dapat mengembangkan potensi yang dimiliki.

“Semoga KKN-PPM ini memberikan manfaat bagi masyarakat utamanya dalam pembudidayaan tanaman hidroponik sehingga kedepannya akan melahirkan Entrepreneur hidroponik,” ujar Agus, yang juga merupakan Dosen Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *